Masjid Pertama di Pulau Lombok

Masjid Pertama di Pulau Lombok

14Masjid Pertama di Pulau Lombok

Lombok merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sudah lama terkenal akan keindahan alam dan pesonanya. Itulah mengapa Lombok terkenal di nusantara maupun manca Negara sebagai salah satu daerah tujuan wisata favorit yang sering dikunjungi oleh banyak wisatawan. Namun selain terkenal akan keindahan tempat wisatanya, ternyata Lombok juga memiliki kekayaan situs sejarah yang sampai saat ini masih berdiri tegak dan kokoh. Situs sejarah yang dimaksud tersebut adalah Masjid Kuno Bayan Beleq yang lokasinya ada di Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Masyarakat sekitar masjid Kuno Bayan Beleq percaya bahwa masjid kuno tersebut telah didirikan sejak ratusan tahun yang lalu oleh seorang mubaligh pemuka agama Islam di Pulau Lombok. Dengan Harga Kubah Masjid Enamel yang terjangkau tetapi kualitasnya terbaik. Sayangnya sampai saat ini belum ditemukan bukti atau sumber tertulis yang jelas mengenai siapa pendiri sebenarnya dari Masjiid Kuno Bayan Beleq dan juga tahun pasti tepatnya masjid tersebut dibangun.

Masjid yang dijadikan sebagai ikon pariwisata budaya Pulau Lombok ini hanyalah sebuah masjid kecil dengan ukuran 9×9 meter. Bangunannyapun sangat sederhana karena terbuat dari kayu, dindingnya terbuat dari anyaman bambu, serta lantainya merupakan lantai tanah yang dasarnya terbuat dari susunan batu kali. Sementara bagian atapnya berbentuk tumpang yang tersusun rapi dari bilah bambu. Dalam bahasa masyarakat sekitar, jenis atap tersebut disebut dengan atap santek.

Masjid Kuno Bayan Beleq bukan hanya dianggap sebagai ikon wisata tetapi juga merupakan salah satu bukti sejarah penyebaran Islam di Pulau Lombok pada masa lalu.  Berdiri di sebuah bukit yang dikelilingi beberapa makam penyebar agama islam, bangunan masjid Kuno Bayan Beleq disebutkan menggambarkan tonggak peradaban masyarakat Lombok Utara yang konon katanya dibangun berdasarkan kesadaran sejarah, kesadaran kosmos, kesadaran adat dan kesadaran budaya. Oleh sebab itu masjid Kuno Bayan Beleq merupakan salah satu warisan budaya yang harus dipelihara dan dijaga sebagai salah satu situs cagar budaya yang berkonstrbusi dalam National Heritages yang ada di Indonesia.

Masyarakat sekitar juga percaya bahwa warna merah pada bangunan masjid kuno tersebut menunjukkan intregitas peradaban kehidupan masyarakat Lombok Utara, serta sebagai simbol dari keberanian untuk menegakkan jati diri sebagai masyarakat budaya yang dibangun berdasarkan nilai – nilai keagamaan yang kuat. Harga Kubah Masjid Enamel yang terjangkau dapat memperindah Masjid Tersebut. Selain itu  bangunan masjid Kuno Bayan Beleq yang terdiri dari bagian kepala, badan, dan kaki dikatakan menggambarkan tentang dunia atas, dunia tengah, dan dunia bawah. Penggambaran tersebut merupakan arti filosofis yang menjadi satu kesatuan dalam entitas kosmos masyarakat Lombok Utara.

Jika sekilas dilihat, bangunan masjid Kuno bayan Beleq memang tidak terlihat seperti bangunan masjid dan justru terlihat seperti bangunan rumah – rumah penduduk di desa Bayan. Namun dibalik bangunan masjid yang sederhana tersebut, tersimpan makna dan bukti dari penyebaran agama islam di Pulau Lombok yang sampai sekarang terus berkembang. Silahkan baca Harga Kubah Masjid Enamel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *