post

Mencicipi Kuliner yang Menyegarkan Rujak Pecel Khas Banyumas

Kuliner tidak hanya soal makanan berat atau makanan ringan, tetapi terkadang juga tentang kreasi minuman, varian rasa, dan juga varian dalam penyajian. Setiap varian disajikan dengan alasan tertentu, baik untuk  menyenangkan penikmatnya atau untuk membuat pelanggan semakin setia dengan produk kuliner yang dibuat pengusaha kuliner.

Terkadang varian rasa juga bisa memecah rasa bosan seseorang pada resep yang biasa-biasa saja. dengan adanya berbagai cita rasa, setiap orang punya pilihan untuk mencicipi kuliner yang berbeda setiap harinya.

Nah, pernahkah Anda mencicipi sebuah kuliner catering dan prasmanan di jakarta bernama naboxparah yang bisa dikatakan sebagai varian cemilan tapi juga bisa varian dessert atau makanan penutup setelah makan berat. Makanan ini populer di Yogyakarta, banyak pedagang kaki lima yang menjualnya dengan harga relatif terjangkau. Bahkan bisa dikatakan sangat terjangkau bagi semua kalangan.

Anda pasti sudah pernah mendengar tentang pecel bukan? pecel adalah makanan yang terbuat dari kumpulan sayur rebus yang disiram dengan bumbu saus kacang. Saos tersebut dibuat dari kacang dengan bahan tambahan seperti cabe, gula merah, garam, dan air asam. Campuran bahan tersebut kemudian diulek.

Hasilnya, campuran sayuran seperti kacang panjang, kubis, mentimun, kangkung, dan lain-lain yang disiram dengan saus kacang, jadilah pecel.

Rujak Pecel

Bila makanan tersebut disebut pecel di Yogyakarta, ternyata di daerah Banyumas, makanan tersebut justru disebut rujak, rujak sayur, atau rujak pecel. Istilah lokalnya rujak matang.

Kaget? Jangan kaget, karena setiap makanan yang memiliki kemiripan bisa jadi memang memiliki nama yang sama atau bahkan sama sekali berbeda tapi ternyata tekstur sajiannya sama. seperti halnya pecel dengan rujak pecel yang kita kenal ini.

Biasanya undercover media online menu rujak terbuat dari campuran dari buaha-buahan yang masih setengah matang atau masih mentah dan dimakan dengan sambal kacang.

Rujak Pecel 4

Bila rujak di Yogyakarta adalah campuran buah-buahan mentah, tidak demikian di Banyumas, karena istilah rujak ini tidak hanya diterapkan pada buah-buahan yang disiram dengan saus kacang pedas, tetapi juga untuk sayuran yang disiram dengan saus yang sama.

Meskipun demikian, jangan tanya soal kenikmatan menyantap rujak pecel, sama lah nikmatnya ketika Anda menyantap pecel resep Anda sendiri.

Suasana yang cocok untuk menyantap Rujak Pecel

Bila menyebut rujak pecel, entah kenapa yang terngiang justru dua bentuk kuliner yang sangat tepat saat hari panas. Ketika menyebut rujak pecel, tiba-tiba saja seolah ada dua bentuk kuliner yang akan menghilangkan dahaga sekaligus rasa lapar. Kenapa? Karena rujak pada umumnya di Yogyakarta merupakan kuliner yang terbuat dari irisan buah-buahan yang masih mentah atau setengah matang. Buahan-buahan tersebut diiris tipis kemudian disiram dengan bumbu sambal kacang yang pedas dengan sedikit campuran air asam. Ada juga yang menambahkan ice cream ke dalam rujak, sehingga jadilah rujak ice cream.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *